Tips Simpel Bagaimana Menjadi Seorang Pedebat (Debator) Yang Baik



Saya kembali berbagi sesuatu yang menurut saya sangat berfungsi bagi siapapun anda.
Kali ini saya berbagi sedikit tips bagaimana supaya bisa menjadi seorang debator (pedebat) yang baik. Mungkin anda berfikir kalo debat itu hanya di pemerintahan saja atau di acara TV saja, atau mungkin kadang anda berfikir kalo debat itu adalah mengandalkan kekuatan suara yang dapat membuat lawan debat kita diam, takut atau sampai jantungan? Salah. Debat itu adalah salah satu kegiatan yang mengadu 2 pendapat/argumen dari pihak pro dan kontra. Dan kita harus berusaha mati – matian mempertahankan argument kita dengan data – data atau apapun yang dapat membantu anda sukses dalam berdebat. Nah, untuk itu mari dulu kita simak sediki tips yang juga saya peroleh dari beberapa buku dan seminar – seminar tentang DEBAT yang tentunya dengan editing pakai bahasa sendiri.. hehe Cekidot !!!
1. DATA
Debating adalah suatu kegiatan yang mengadu pendapat atau argument dua pihak (pro dan kontra). Nah, sebelum anda melakukan debat alangkah baiknya anda mempersiapkan data – data yang sebanyak dan sedetail mungkin untuk memperkuat motion atau argument anda. Tapi, ingat saudara! Data yang kita kumpulkan haruslah memiliki 2 hal penting :
a. Ketepatan Data
Ketepatan data sangatlah penting dalam mempersiapkan data, karena ketika data kita tidak tepat dengan apa yang menjadi bahan pembicaraan, yang ada kita bukanlah lawan debat, tapi bahan tertawaan bagi lawan kita. Untuk itu, kore dan carilah data yang se baik mungkin.!
b. Terstruktur
Data kita haruslah rapi dan terstruktur. Ketika kita menerangkan motion kita maka kita harus mempersiapkan pendukung – pendukung untuk itu. Untuk hal ini anda dapat mempelajari sistem “10 langkah kedepan “, yang dimaksud disitu ketika anda berkata A, maka berfikirlah untuk B, C, D, E, F, G, H, I, J, K. Yang dimaksud disitu, kita sudah mempersiapakan kemungkinan – kemungkinan pertanyaan yang muncul setelah kita mengatakan A.


2. Possitive Thinking
Terkadang sebelum kita melakukan kegiatan, kita sudah berfikir negatif. Kita menganggap yang akan kita lakukan akan berakhir dengan buruk bahkan sangat buruk, ini terkadang dan bahkan sering membuat kita melakukan sesuatu dengan kurang percaya diri, ketidaksportifan dan lain – lain yang berbau kurang baik.
Nah, untuk itu marilah kita membiasakan berfikir positif dan memotivasi diri bahwa itu semua akan berhasil, Percayalah itu sangat membantu.

3. Practice ( Latihan )
Latihan adalah kunci utama. Kita ambil ilustrasi : Brazil sebelum melawan Negara Underdog Piala Dunia mereka tetap latihan untuk meningkatkan kemampuan, kerjasama, kebugaran semua pemain – pemain Brazil tersebut. Dari ilustrasi itu dapat kita simpulkan bahwa semua hal butuh latihan sekalipun kita sudah profesional dalam suatu hal. Nah, untuk itu tetaplah berlatih dalam rangka meningkatkan kemampuan kita dalam berdebat.!
4. Relax ( Percaya Diri )
Hal yang sangat penting adalah tampil relax, apalagi dalam suatu debat dibutuhkan ketenangan lebih dari kita. Karena, ketika kita mengawali debat dengan grogi maka akan sangat kesusahan untuk melakukan debat itu dengan baik, yang ada malah kita bisa saja blank dengan apa yang sudah kita persiapkan. Berfikirlah dengan jernih dan positif karena semua yang sedang menyaksikan atau melihat anda berharap anda melakukannya dengan baik sekalipun lawan debat anda. Jangan pernah takut salah tetapi tetaplah FOKUS!
Bila perlu, sebelum tampil lakukan gerakan – gerakan perelaksan seperti tarik nafas, dan lain lain.

5. Berdoalah !
Doa adalah jalan kita berkomunikasi dengan Tuhan Yang Maha Esa. Berdoalah supaya diberi kelancaran dalam debat anda.


Demikian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi saudara/i sekalian. Jika ada kesalahan dalam pengetikan, mohon dimaafkan.! Jangan lupa di share ya, supaya yang lain juga tau, ingat sobat “Berbagi Itu Indah “. Akhir kata saya ucapkan terima kasih !



REKOMENDASI UNTUK ANDA

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+