CARA MENGUBAH SLIDE POWERPOINT MENJADI VIDEO



Salam sejahtera buat kita semua. Kali ini www.ruanginformasi.com akan berbagi sebuah tips yang mungkin sudah tidak asing lagi buat anda, namun mungkin juga banyak diantara anda – anda yang belum pernah dengar atau ketahui sebelumnya.

Tips yang akan saya bagikan kali ini adalah Cara Mengubah Slide Powerpoint menjadi Video (kali ini kita menggunakan PowerPoint 2013) . Hal ini tidak beda jauh dengan membuat video dari gambar menggunakan movie maker. Hanya saja, kali ini yang akan kita jadikan video adalah sejumlah slide yang sudah kita buat sebelumnya (tentu lengkap dengan transition dan sebagainya)
Oke, disimak ya!!

BACA JUGA: TIPS MENJALIN KERJASAMA DENGAN MEDIA PARTNER

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan slide anda. Mulai dari isi, transition, text effects, dan sebagainya.
Setelah anda telah mempersiapkan slide anda secara keseluruhan, sekarang anda dapat mengeksport slide – slide tersebut menjadi video dengan langkah – langkah berikut :

1. Tekan tombol FILE tepat berada di sudut kiri atas halaman kerja powerpoint anda.
2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar. Klik Export!
3. Kemudian pada perintah export akan muncul seperti gambar. Pilih “ Create A Video “
4. Selanjutnya akan muncul perintah pengaturan video seperti pada gambar.

5. a. Untuk menyimpan video dalam ukuran large (960 x 720), pilih “ Computer & HD Displays”
b. Untuk menyimpan video dalam ukuran medium atau sedang (640 x 480), pilih “ Internet & DVD)”
c. Untuk menyimpan video dalam ukuran small atau kecil (320 x 240), pilih “Portable Devices”


6. Pada bagian Recorded timing and naration akan ada dua pilihan:

a. Don’t use recorded timings and naration
Artinya, kita tidak menggunakan waktu dan narasi yang telah di rekam. Dalam hal ini kita akan ditentukan waktu sebuah slide ditayangkan. Jika kita mengisi 05,00 pada kotak “ Seconds spent on each slide” maka satu slide itu akan ditayangkan hanya dalam 5 detik. Untuk itu, jika slide kita cukup banyak animasi – animasi atau transisi nya dan membutuhkan waktu yang lebih lama, maka kita dapat menaikkan waktu yang dibutuhkan pada kotak “Seconds spent on each slide” tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika slide kita tidak terlalu banyak animasi – animasi atau transisi dan tidak terlalu membutuhkan banyak waktu, anda dapat menguranginya sesuai keinginan anda.

BACA JUGA: KUMPULAN TIPS TERBARU

b. Use recorded timings and naration
Pada bagian ini kita akan menggunakan waktu dan narasi yang telah di rekam. Dalam Hal ini setiap animasi, narasi dan pergantian slide ditentukan oleh kita sendiri, tanpa ada batasan waktu satu slide. Untuk memulai perekaman Timings dan narationnya klik tombol “ Record Timings and Narration”

Setelah itu klik “start Recording” .
Jika Recordingnya sudah siap, maka anda sudah siap menjadikan Slide anda tersebut menjadi Video.

7. Setelah itu klik “ Create Video “. Jangan lupa tunggu proses Export nya sampai siap!

Demikian tips yang bisa saya bagikan kali ini. Jangan lupa untuk membagikannya di Sosial Media anda, karena sebetulnya Berbagi Itu Indah. Salam!


REKOMENDASI UNTUK ANDA

UPDATE VIDEO TERBARU

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+