Kiat-Kiat Mencari dan Mengembangkan Ide dalam Menulis – Tips Jitu

Pada dasarnya setiap orang memiliki cara dalam mencari dan mengembangkan ide kepenulisan. Tidak ada yang berani membatasi itu. Namun tidak ada salahnya penulis blog ini mencoba memberikan pengalamannya dalam mencari dan mengembangkan ide kepenulisan. Berikut kiat-kiatnya:

1.  Bayangkan anda adalah seorang wartawan atau reporter atau peneliti. Cari dan gali informasi dari berbagai sumber, baik dari buku, jurnal penelitian, koran, TV maupun melalui pengamatan langsung dan wawancara. Siapkan catatan anda untuk mencatat dan merangkai segala fenomena, peristiwa, atau permasalahan-permasalahan. Itu yang akan menjadi data nantinya.

2. Data yang didapatkan tersebut perlu di pilah-pilah, mana yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Buatlah draft untuk dapat memilahnya.

3. Dari draft tersebut, kembangkan ide atau gagasanmu. Ingat, setiap masalah/fenomena/informasi memunculkan ide/gagasan yang berbeda dan menarik. Hati-hati, jangan sampai terbawa suasana dengan suatu ide atau gagasan. Jangan biarkan ide terlalu mengambang alias batasi. Hal ini terkadang membawa penulis lupa akan arah tulisannya (tidak sesuai dengan tema)

4. Setelah mendapat ide/gagasan, baca ulang semua poin-poin draft tersebut. Kembali lagi, pilah mana yang tidak sesuai atau tidak berkaitan antara satu dengan yang lain.

5. Buat konsep tulisanmu sebaik dan menarik mungkin. Perlu di ketahui bahwa setiap kalimat sebaiknya memiliki keterkaitan satu dengan yang lain. Begitu juga dengan paragraf, harus memiliki keterkaitan satu sama lain. Sehingga ide/gagasannya tidak “lompat-melompat”
Perhatikan Alur Pencarian ide yang ditulis Ratna Dewi Pudiastuti dalam bukunya yang berjudul “Cara dan Tip Produktif Menulis Buku (Halaman 48)

Demikianlah kiat-kiat yang bisa saya bagikan untuk kita semua. Mohon maaf jika informasinya sangat singkat dan belum lengkap (termasuk draft). Silahkan mencari referensi lain untuk mendapatkan informasi yang lebih.



REKOMENDASI UNTUK ANDA

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+