Kiat Produktif Promosi Buku, Novel, atau Majalah - Tips



Berikut adalah kiat atau tips dalam mempromosikan karya, baik Buku, Novel, Majalah, atau karya serupa. Beberapa poin di bawah ini diambil dari Buku Ratna Dewi Pudiastuti dengan judul “Cara dan Tip Produktif Menulis Buku”. Namun, penulis juga memberikan beberapa pandangan tentang kiat atau tips promosi Buku, Novel, Majalah, atau Karya serupa.


Beberapa kiat atau tips promosi Buku, Novel, Majalah, atau Karya serupa dapat dilihat di bawah ini:

`1. Launching Buku (atau Karya lain)
Langkah ini cukup nyata dan umum bagi kita. Perihal launching buku bisa langsung menjalin kerjasama dengan Penerbit atau beberapamedia.
2. Menjual langsung saat Seminar Kepenulisan
Mungkin kita sering mengikuti seminar kepenulisan baik di kampus, sekolah, atau tempat lain. Nah, jalin kerjasama dengan EO atau organisasi kampus/sekolah untuk membuat suatu seminar kepenulisan. Komunikasilah dengan penyelenggara agar anda menjadi pembicara. Hal ini menjadi poin penting bagi publisitas anda dan buku atau karya anda
3. Publikasi melalui media daring (online) maupun Radio, TV, dan Media Cetak
Maraknya penggunaan media daring (online) sangatlah bermanfaat bagi anda yang ingin mempublikasikan buku atau karya. Jalinlah komunikasi dengan media daring (online) untuk mempromosikan buku atau karya anda. Buatlah rilis berita soal buku atau karya anda, siapa tahu Gratis (LIHAT CONTOH RILIS BERITA DISINI). Anda juga tentu dapat menjalin komunikasi dengan Radio, Media Cetak, atau bahkan TV untuk menambah daya publisitas karya anda.

4. Melakukan bedah Buku atau Novel
5. Mengirim informasi buku atau karya baru ke beberapa media daring (online) maupun Radio, TV, dan Media Cetak. Beberapa mungkin berbayar, namun ada juga yang GRATIS. Berikan Informasi Buku atau karya terbaru anda ke blog ini, agar dipromosikan secara GRATIS.
6. Membuat Resensi Buku (Kalau boleh minta orang terdekat untuk meresensi) dan mengirimnya ke media daring (online) maupun Radio, TV, dan Media Cetak

7. Menulis artikel terkait dengan BUKU yang kita tulis. Sehingga orang-orang yang membaca kepincut untuk membeli buku tersebut.
8. Adakan lomba menulis Resensi Buku Anda.
Nah, yang ini cukup menarik. Peminat lomba sangatlah banyak, baik dari kalangan Umum, mahasiswa, pelajar, jurnalis, dan sebagainya. Ini yang bisa kita manfaatkan. Membuat sebuah lomba tidaklah sulit. Sangat banyak website penyedia informasi lomba yang tidak memungut biaya alias gratis. Untuk mengikuti lomba resensi buku, tentu peserta harus membeli bukunya. Dengan langkah ini, tentu anda tidak hanya sekedar promosi tapi mengharuskan orang untuk membelinya. Usahakan lombanya tidak memungut biaya. Promosikan lomba anda di  blog ini, GRATIS!!

Demikianlah kiat atau tips promosi buku, novel, majalah atau karya yang lain. Jika postingan ini cukup bermanfaat, silahkan berbagi dengan teman-teman anda. Salam

Baca TIPS lain DISINI!

REKOMENDASI UNTUK ANDA

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+