6 Hal WAJIB Dilakukan Mahasiswa Selama Kuliah




 4. Ikuti Kompetisi

Sangat banyak kompetisi atau lomba mengharuskan peserta sebagai mahasiswa. Ada yang berbayar, maupun gratis. Sedihnya, banyak mahasiswa yang mengurung niat berkompetisi hanya karena malas, tidak punya uang untuk mendaftar, dan sebagainya. Padahal, jika dinikmati, sensasi berkompetisi dengan sesama mahasiswa sangatlah luar biasa. Selain bisa menempa kemampuan, menjadi delegasi kampus, bahkan berpotensi mendapatkan uang tambahan jika menang.
Berkompetisilah sebelum dilarang. Hehe
Lihat cara mendapatkan informasi Kompetisi DISINI
     
 5. Selain Kompetisi, Ikuti Juga Program Kemahasiswaan atau Kepemudaan



Pada dasarnya, mahasiswa dan pemuda sangat sulit dipisahkan. Keduanya memiliki peran penting dalam pengembangan bangsa. Oleh karena itu, program-program untuk pemuda dan/atau mahasiswa sangat banyak. Baik berupa pertukaran mahasiswa, pertukaran budaya, volunteering, dan sebagainya.
Ingat, menjadi mahasiswa tidaklah lama (kecuali dilama-lamakan ya), ada waktunya kita harus meninggalkan kampus dan mulai meniti karir. Jika demikian, sulit bagimu menikmati masa-masa mencari informasi program kepemudaan atau program pertukaran.
Lihat Cara mendapatkan informasi program kemahasiswaan atau Kepemudaan DISINI

6. Mulai Berwirausaha



Tidak ada jaminan lulus kuliah langsung dapat kerja. Hanya perguruan tinggi yang memiliki kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang bisa menjamin. Itupun tidak mudah.
Nah, daripada bimbang nantinya, mulailah berwirausaha. Bisa mulai dengan menjajakan kue atau gorengan saat kosong jadwal kuliah. Atau mengikuti program Wirausaha yang diselenggarakan kampus masing-masing, atau mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan Kemenristekdikti. PKM ini kerap menjadi sasaran mahasiswa: Selain bisa memulai wirausaha, juga berpotensi mendapatkan uang apabila bagus. Lihat contoh PKM DISINI





REKOMENDASI UNTUK ANDA

UPDATE VIDEO TERBARU

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+