6 Hal Wajib Dilakukan Mahasiswa Selama Kuliah

Pasca kelulusan SMA/SMK/Sederajat, banyak orang yang lebih memilih kerja dengan alasan terbatasnya keuangan untuk melanjutkan studi. Namun tidak sedikit yang memilih melanjutkan studi demi mematangkan ilmu atau kemampuan. Melanjutkan studi berarti menyandang status mahasiswa.



Apa yang akan kita lakukan setelah menjadi mahasiswa? Lihat beberapa hal berikut, yang wajib kamu lakukan setelah mahasiswa.

1. Banyak-banyak Bersosialisasi dengan Sesama Mahasiswa (Baru)
Sangat jarang kawan SMA/SMK/Sederajat kita juga menjadi kawan kita saat mahasiswa. Hal itu mungkin diakibatkan oleh “selera” setiap manusia berbeda. Biasanya, ketika menjadi mahasiswa, kita akan bertemu dengan orang-orang baru. Dimana setiap orang tersebut memiliki sifat atau kepribadian yang berbeda-beda. Tetapi mau tidak mau, kita harus punya teman atau kawan. Jangan sampai, nantinya, kita tidak punya kawan satu kelompok. Pokoknya jangan!


Kita harus pintar-pintar untuk bersosialisasi dengan mereka (orang/teman baru). Jangan sampai kita salah memilih kawan. Bahaya!! Makanya, orangtua  kita selalu berpesan “Hati-hati milih kawan ya”, atau “Pintar-pintar milih kawan ya”.
Kenali kawanmu, jadikan sahabat, kalau boleh jadikan istri/suamimu. Hehe

2. Dekati Senior
Mereka yang senior, tentunya memiliki pengalaman lebih soal kampus. Melalui senior, kita bisa mengetahui informasi soal organisasi, beasiswa, pertukaran mahasiswa, dan informasi penting lainnya. Oleh karena itu, kenali mana senior yang baik hati, tidak sombong, dan sebagainya. Hehe

3. Mulailah Berorganisasi
Organisasi mahasiswa merupakan perkumpulan beberapa mahasiswa, yang tentu memiliki visi atau pandangan yang sama. Ada banyak organisasi di kampus, baik internal maupun eksternal. Misalnya, Himpunan Mahasiswa Jurusan, Unit Kegiatan Mahasiswa, Komunitas, Ikatan, sampai Badan Eksekutif Mahasiswa atau Senat Mahasiswa.
Kita juga bisa mendapat banyak informasi penting melalui organisasi, baik dari alumni organisasi atau sesama anggota organisasi.

Selain itu, banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh Universitas, Fakultas, atau bahkan Kemenristekdikti mengharuskan anggota organisasi. Salah satu contoh adalah Program Hibah Bina Desa (PHBD).

Jadi daripada menjadi Mahasiswa Kupu-Kupu (kuliah pulang-Kuliah pulang), mending mulai berorganisasi.






REKOMENDASI UNTUK ANDA

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+