Aek Sipangolu: Wisata Spiritual di Baktiraja




Aek Sipangolu yang merupakan salah satu tempat wisata spiritual yang terletak di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan. Berdasarkan penjelasan banyak masyarakat, Aek Sipangolu ini sudah menyembuhkan banyak orang, baik penyakit kulit, dan bahkan menyembuhkan yang lumpuh sehingga berjalan kembali.
Aek Sipangolu di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan

Aek Sipangolu artinya Air Kehidupan. Konon ceritanya, Aek Sipangolu ini ada saat Raja Sisingamangaraja XII berjalan panjang dari Manduamas-Barus. Ketika itu Raja Sisingamangaraja dan Gajah Putih-nya kehausan, sementara air Danau Toba sangat jauh di bawah untuk dapat diminum. 

Dengan berdoa, Raja Sisingamangaraja menancapkan tongkatnya, sehingga keluarlah air dari bekas penancapan tersebut. Dulu nama sumber air tersebut adalah Binanga Bibir (Telaga Bibir) dan Aek Sipaulak Hosa (Air Pelepas Dahaga). Namun, kala pernah menyembuhkan orang lumpuh, masyarakat kemudian menyebutnya Aek Sipangolu (Air Kehidupan).
____________
____________
Untuk dapat menuju lokasi Aek Sipangolu, pengunjung bisa memilih salah satu dari dua jalur perjalanan, yakni dari Doloksanggul atau Muara. Jika kita berangkat dari Doloksanggul, maka setiba di Bakkara, arahkan kendaraan anda lurus menuju Desa Simangulampe. Biasanya banyak warga sekitar yang bisa kita tanyai di sepanjang jalan. Perlu diketahui bahwa waktu tempuh Doloksanggul ke Aek Sipangolu adalah sekitar 1 ¼ Jam.



Namun jika kita berangkat dari Muara, maka kita perlu mengarahkan kendaraan lurus ke Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan. Muara sendiri merupakan wilayah kabupaten Tapanuli Utara. Perjalanan membutuhkan lebih banyak waktu, dikarenakan kondisi jalan masih belum baik. Namun, pemandangan Danau Toba di sepanjang jalan yang sangat menarik, menjadikan perjalanan lebih menyenangkan.  

Perlu diketahui juga, pengunjung tidak dikenakan biaya oleh pengolah. Tetapi jika ada yang ingin memberikan sumbangsih berupa uang kebersihan dengan sukarela, pengolah sudah menyediakan kotak di lokasi Aek Sipangolu tersebut.  



_____________________________________
Tulisan dan Foto merupakan milik Suwandonadi Manullang
_______________________________________
Lihat foto lebih lengkap DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

UPDATE VIDEO TERBARU

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+