Bagaimana Iklan di Website, Facebook, Instagram, Youtube Bekerja? Berikut Penjelasannya!

Kita, pastinya, kerap menemui iklan di berbagai situs daring (online), baik Website, Facebook, Instagram, Youtube, dan sebagainya. Menurut beberapa situs, setiap detiknya terdapat 2,3 juta pencarian di Google. Beberapa diantaranya adalah produk iklan google (Google Ads). Lihat contoh dibawah ini:

Ketika mengetik "Tiket Pesawat", google langsung menampilkan iklan dari Traveloka, airyroomstiketcom, dan sebagainya.

Nah, bagaimana dengan iklan yang ada di facebook? atau Instagram? Bagaimana mereka menampilkan iklan tersebut? Padahal kita tidak melakukan pencarian kata kunci seperti "Tiket Pesawat" di atas.


Nah, bagaimana pula dengan iklan yang tersedia di website? Mungkin kita sering melihat, sadar atau tidak, iklan kerap berhubungan dengan apa yang sedang kita butuhkan atau pernah kita cari-cari selama ini.

Jawabannya cukup simpel, ada beberapa hal yang mendasari hal tersebut muncul:

1. Jenis Iklan di Website. Jenis iklan yang disetujui Website (bukan media sosial) yang kita cari mempengaruhi iklan yang ada di website. Pemilik website menyetujuinya saat mendaftarkan web-nya ke AdSense. Jenis-jenis iklan yang biasanya ditawarkan adalah Produk Buku, Belanja Online, Kontrasepsi, Perguruan Tinggi dan lain-lain.
Misalnya, website ini, anda mungkin menemukan beberapa iklan baik di atas, samping atau bawah, halaman website. Lihat gambar di bawah ini.


Gambar tersebut muncul, karena pemilik website ini menyetujui iklan berbau pendidikan, seperti kampus, pameran pendidikan, dan sebagainya.

2. Topik yang dibahas di Website. Jika kita mengunjungi website penyedia informasi lomba, maka iklan yang muncul cenderung berupa Lomba yang diselenggarakan suatu Perusahaan atau Produk tertentu. Begitu juga dengan website penyedia informasi loker dan beasiswa, maka yang iklan yang ada biasanya berkaitan dengan Loker dan Beasiswa. Lihat gambar diatas!

3. Kebiasaan Kita saat Googling atau melakukan Pencarian di Google. Kita tentu pernah melakukan pencarian di google. Misalnya, "beasiswa S2 ke luar negeri". Maka iklan yang biasanya tampil di website yang kita kunjungi akan menampilkan iklan tentang S2 atau Beasiswa S2. Sebagai contoh gambar diatas! Saya sendiri sering mencari info beasiswa S2 di luar negeri. Hehe

Nah, begitulah cara kerja iklan yang selama ini muncul di website. Perlu kita ketahui juga, hal tersebut diatas juga mempengaruhi jenis iklan yang muncul di facebook, twitter, atau instagram kita.

Iklan di google tentunya sudah di verifikasi oleh pihak google, bahkan iklan tentang kontrasepsi yang sering kita abaikan juga sudah di verifikasi oleh google. Jadi tidak perlu khawatir! Lihat iklan di samping kananmu, di atas halaman ini, atau di bagian paling bawah. Semua iklan tersebut sudah di verifikasi oleh google.

Tetapi, hati-hati dengan penipuan terkait iklan di website. Penipuan yang dimaksud adalah iklan yang seolah-olah dari google. Kenali iklan dari Google. Pelajari Selengkapnya!


____
Posted by Suwandonadi


REKOMENDASI UNTUK ANDA

UPDATE VIDEO TERBARU

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+