Jangan Gunakan “An” Untuk Consonant Sound

Penggunaan An akan sangat membingungkan ketika kita menjumpai beberapa kata dengan awalan huruf “vowel sound” namun nyatanya adalah consonant sound. Contohnya, university, union, European, eulogy, euphemism, eucalyptus, dan lain-lain.

Meski kata-kata diatas memiliki awalan huruf “Vowel sound, mereka harus tetap diawali dengan “A”. Kenapa? Lihat penjelasan berikut:

Dalam bahasa Inggris, seperti pandangan orang Indonesia, memiliki penulisan dan pelafalan yang berbeda. Misalnya, university; Cara baca/bunyi/pelafalannya adalah /ju:ni’vȝ:sǝti/. Jadi kata tersebut bukanlah vowel sound, melainkan consonant sound. Anda sangat disarankan untuk melihat bunyi/lafal setiap kata Bahasa Inggris di Oxford Dictionary.

Berbeda dengan tersebut diatas, terkadang juga kita menemui kata dengan awalan huruf consonant sound, nyatanya adalah vowel sound. Contohnya hour, heir, honor, dan sebagainya. Cara baca/pelafalan/bunyi pada hour adalah /‘aƱǝ(r)/. Jadi kata tersebut bukanlah consonant sound, melainkan vowel sound.


Ikuti Kursus Bahasa Inggris Online: English Fun

REKOMENDASI UNTUK ANDA

UPDATE VIDEO TERBARU

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+