Penerimaan Prajurit Tamtama TNI Angkatan Laut Tahun 2018

Tentara Nasional Indonesia atau biasa disingkat TNI adalah nama sebuah angkatan perang dari negera Indonesia. Pada awal dibentuk bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) kemudian berganti nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) dan kemudian diubah lagi namanya menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga saat ini. Tentara Nasional Indonesia (TNI) terdiri dari tiga angkatan bersenjata, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara. TNI dipimpin oleh seorang Panglima TNI, sedangkan masing-masing angkatan dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan. Panglima TNI saat ini adalah Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Pada masa Demokrasi Terpimpin hingga masa Orde Baru, TNI pernah digabungkan dengan POLRI. Penggabungan ini disebut dengan ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia).
Penerimaan Calon Prajurit TNI dengan salah satunya melalui penerimaan perwira prajurit karier TNI, rekrutmen ini merupakan diawali dengan Sekolah Perwira Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia (disingkat SEPA PK TNI) adalah sekolah pembentukan perwira di Indonesia yang berasal dari perguruan tinggi negeri dan Perguruan tinggi swasta. Jenjang akademik yang bisa masuk sekolah pendidikan perwira ini adalah D3 dan S1 dari semua jurusan (tergantung kebutuhan TNI). Sekolah ini membentuk para sarjana dan diploma untuk menjadi perwira pertama (PAMA) dengan pangkat saat dilantik letnan dua (Letda). Mereka terdiri atas 3 angkatan di TNI, yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU (Kepolisian tidak ikut lagi sejak POLRI terpisah dengan TNI).
Instansi TNI melalui program rekrutmennya saat ini membuka lowongan kerja terbaru pada bulan Desember tahun 2017 untuk mencari calon – calon tenaga kerja yang siap diterjunkan ke setiap lini atau divisi kerja dalam Instansi yang sedang membutuhkannya saat ini. Dengan diadakannya rekrutmen atau lowongan kerja ini Instansi berusaha mencari individu yang sesuai dengan kebutuhan Instansi dan tentunya sesuai juga dengan minat dan harapan dari para pencari kerja karena dengan adanya hubungan yang baik antara tenaga kerja dan Instansi akan tercipta suasana kondusif di lingkungan Instansi . Adapun dibawah ini adalah jabatan yang tersedia pada peluang kerja kali ini yang dibuka oleh pihak Instansi dengan kualifikasi sebagai berikut.
PENERIMAAN PRAJURIT TAMTAMA TNI AL GELOMBANG I TAHUN 2018
Persyaratan Pencari Kerja :
  1.  Warga negara Republik Indonesia, pria beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  2. Usia serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada tanggal 19 Maret 2018
  3. Berijazah serendah-rendahnya SLTP/sederajat
  4. Tinggi badan minimal 163 cm dengan berat badan seimbang
  5. Berkelakuan baik dan tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi Prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap disertai dengan Surat Keterangan Tata Cara Pendaftaran Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat
  6. Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato dan bertindik maupun bekasnya, tidak buta warna dan tidak berkaca mata
  7. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Pendidikan Pertama (Dikma) dan selama dua tahun setelah selesai Dikma
  8. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 10 (sepuluh) tahun terhitung saat mulai dilantik menjadi Kelasi Dua/Prajurit Dua
  9. Bersedia ditempatkan diseluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Jadwal Seleksi :
Tahapan SeleksiTanggal
Sosialisasi1 November – 23 November 2017
Pendaftaran Online24 November 2017 – 8 Januari 2018
Pendaftaran Ulang24 November 2017 – 8 Januari 2018
Seleksi Tingkat Daerah10 Januari – 25 Februari 2018
Seleksi Tingkat Pusat5 Maret – 13 Maret 2018
Pembukaan Pendidikan19 Maret 2018

Materi Seleksi :
Materi Seleksi Tingkat Daerah :
  1. Pemeriksaan Kesehatan Umum, Rontgen dan Laborat Darah (HBSAG, VDRL, HCV, HIV), Urin
  2. Pemeriksaan Psikologi
  3. Pemeriksaan Mental Ideologi
  4. Uji Kesamaptaan Jasmani
  5. Pemeriksaan Administrasi
  6. Pantukhir Daerah
Materi Seleksi Tingkat Pusat :
  1. Pemeriksaan Kesehatan Umum dan Jiwa
  2. Uji Kesamaptaan Jasmani
  3. Pemeriksaan Administrasi
  4. Pantukhir Pusat

Tata Cara Pendaftaran
 :
Dengan mengetahui kriteria dan kebutuhan rekrutmen yang telah dijelaskan diatas dengan demikian para pencari kerja yang merasa memenuhi persyaratan meliputi pendidikan, umur, dll dan memang merasa berminat dengan lowongan kerja terbaru Instansi TNI pada bulan Desember 2017 diatas, hendaknya secepatnya untuk melengkapi dan menyusun berkas lamaran kerja seperti surat lamaran kerja, CV atau daftar riwayat hidup, FC ijazah dan transkrip dan pelengkap lainnya seperti yang telah dijelaskan diatas guna mendaftar dan mengikuti seleksi masuk penerimaan perwira karir baru di TNI, dikirim melalui prosedur yang ditetapkan oleh instansi yaitu ONLINE ke alamat :
_____
Posted by John

REKOMENDASI UNTUK ANDA

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+