APLIKASI ATOUR DAN 'STAKEHOLDERS'

(Sumber Gambar: dosenpendidikancom)
LIHAT HALAMAN SEBELUMNYA
Aplikasi ATOUR ini dapat berjalan dengan optimal dengan adanya kontribusi para pemuda/i yang menjadi agen untuk mempopulerkan tempat wisata di daerah mereka. Selain itu, agen juga bisa mendapat penghasilan apabila jasa mereka digunakan oleh pengunjung untuk membantu selama kunjungan wisata, misalnya menjadi pemandu wisata atau mencarikan penginapan untuk para pengunjung. Saat agen mengupload foto tempat wisata, mereka juga bisa mengupload tempat penginapan atau home stay rekomendasi yang ada disekitar tempat wisata berikut dengan rentang harga yang berbeda-beda. Apabila pengunjung memilih untuk menginap di tempat yang direkomendasikan oleh  agen, maka pembayaran dapat dilakukan melalui tim pengelola untuk menghindari adanya penipuan. Selain itu, kemungkinan agen melakukan penipuan, informasi palsu atau kecurangan lainnya juga sangat kecil, karena ruang gerak agen akan terdeteksi oleh tim pengelola. Database yang digunakan saat agen melakukan registrasi akan menjadi landasan untuk mendeteksi setiap agen.
Aplikasi ATOUR ini merupakan bentuk upaya pemerataan pariwisata di daerah Indonesia, sehingga ekonomi di daerah yang tertinggal di  bidang pariwisata meningkat. Aplikasi ini juga dapat memberikan penghasilan pada para pemuda/i di daerah tersebut. Ketika usia produktif di daerah tersebut mendapatkan penghasilan tentu akan berdampak pada pendapatan daerah. Hal tersebut otomatis akan mempengaruhi tingkat perekonomian Indonesia.
Pihak-pihak yang akan membantu mengimplementasikan ide penulis adalah:
  • Pemerintah

Mensosialisasikan aplikasi ATOUR dari cara penggunaan hingga manfaat yang didapatkan kepada masyarakat lokal, terutama kepada para bonus demografi.
  •  Akademisi

Dikarenakan sasaran agen dari aplikasi ini adalah pemuda/i yang mayoritas masih duduk di bangku pendidikan. Oleh karena itu dibutuhkan peran dari akademisi sebagai pemakai aplikasi ini sekaligus menjadi testimoni  dengan cara mempublikasikannya.
  • Industri
Dalam hal ini adalah agensi-agensi yang berkecimpung dalam pariwisata daerah untuk berintegrasi bersama ATOUR. Seperti diketahui ATOUR memiliki fitur media informasi kebutuhan pariwisata seperti tempat penginapan, tempat makan hingga pusat perbelanjaan oleh-oleh.
  • Komunitas
Komunitas yang terkait pariwisata seperti Komunitas Pecinta Wisata Ponorogo (KOPIWIPO) atau Komunitas Pecinta Wisata INDONESIA (KOPINDO) dapat menjadi pengguna ATOUR maupun penyedia informasi bagi ATOUR. Komunitas juga bisa berintegrasi dengan ATOUR dalam mempromosikan kegiatan- kegiatan sosial yang telah diagendakan kepada para pengunjung.


Langkah-langkah untuk mengimplementasikan ide penulis adalah :
  1. Membuat aplikasi yang memiliki fitur share location, upload foto, kolom chat dan timeline informasi agar ATOUR dapat direalisasikan,
  2. Bekerja sama dengan para pemuda/i daerah sebagai eksekutor dari ATOUR sehingga ATOUR dapat dijalankan. Serta bekerja sama dengan pemerintah untuk mensosialisasikan ATOUR agar dikenal masyarakat luas,
  3. Berintegrasi dengan berbagai industri pariwisata setiap daerah untuk melengkapi informasi fitur-fitur pada ATOUR.
Aplikasi ATOUR ini merupakan bentuk upaya mengatasi ketimpangan pariwisata di daerah - daerah Indonesia. Aplikasi ini diharapkan mampu menambah jumlah pengunjung ke tempat pariwisata di masing-masing daerah, khususnya daerah pariwisata yang belum terkenal. Aplikasi ini juga dapat memberikan penghasilan pada para pemuda/i di daerah tersebut. Ketika usia produktif di daerah tersebut mendapatkan penghasilan tentu akan berdampak pada pendapatan daerah. Hal tersebut otomatis akan mempengaruhi tingkat perekonomian Indonesia.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

UPDATE VIDEO TERBARU

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+