GENERASI YANG BERBEDA UNTUK ZAMAN YANG SELALU BERUBAH



Lihat sebelumnya....Dengan kemajuan teknologi yang begitu besar, pekerjaan banyak dimudahkan dengan ini. Sekarang banyak bermunculan segala sesuatu serba online seperti toko online, penulis online, kelas online dan masih banyak lagi, bahkan yang marak yaitu iklan-iklan yang hampir tidak berfaedah untuk dilihat, asalkan kita bisa memanfaatkannya menjadi lebih baik dan berguna. Generasi Langgas dan Kids Zaman Now hidup dalam era sama yang begitu banyak pilihan content. Namun, yang terpenting adalah bagaimana memilah dan memilih konten-konten yang kita perlukan. Untuk menyikapi ini, kita perlu melihat “big picture” dari setiap hal yang dikerjakan. Oleh karena itu, kontribusi dari generasi langgas sendiri harus dilakukan dengan baik dan seketatnya untuk mengurangi terjadinya aksi lebih jauh yang dilakukan oleh generasi Kids Zaman Now.
Sumber Gambar: wattpadcom 

Generasi Langgas dapat berperan sebagai orangtua, guru, pendidik, ataupun orang dewasa yang memiliki cara pandang baik dalam menyikapi hal-hal yang tidak biasa terutama dalam membentuk karakter anak muda.

Pada kali ini, penulis memaparkan bentuk intervensi (Full Forces) yang melibatkan berbagai aspek tidak hanya melalui pendidikan karakter di sekolah, namun juga melalui penyuluhan atau sosialisasi bersama di lingkungan masyarakat, serta melalui peran serta merta keluarga .

Di berbagai aspek kehidupan , bahkan sejak kecil kita semua tentunya selalu diajarkan dalam memahami aturan-aturan positif atau affirmative rules. Aturan ini justru saat ini sangat tidak dimiliki oleh anak muda jaman sekarang karena itu timbullah istilah Kids Jaman Now. Padahal telah diketahui aturan-aturan positif tersebut timbul dari adat dan kebiasaan masyarakat sendiri mengenai cara pandang dalam kehidupan. Untuk memberikan aturan ketat terutama untuk membentuk karakter Kids Zaman Now. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Pertama, generasi langgas perlu memperhatikan kondisi psikologi anak tersebut karena kita tahu bahwasannya kondisi psikologi mereka tentu belum sepenuhnya matang, perlu diperhatikan bagaimana mendidik mereka dengan baik tanpa harus memaksa dan mengeluarkan kekerasan. Dengan begitu karakter mereka akan terbentuk dengan sepenuhnya baik dalam lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. Justru dari lingkungan keluarga inilah yang berperan sangat penting.



Yang kedua melalui pemenuhan kebutuhan sosial untuk membentuk karakter disiplin. Bisa dilakukan melalui pembentukan organisasi sosial yang berkarakter wajib diikuti oleh anak-anak muda. Karena berdasarkan penelitian, Kids Zaman Now adalah generasi yang tidak bisa menghargai waktu sedikitpun. Bagi mereka waktu adalah kebahagiaan seolah-olah mereka menggunakan waktunya hanya untuk hal yang tidak berguna dan tidak memanfaatkannya dengan baik. Hal ini seharusnya menjadi perhatian dan kontribusi pemerintah agar semua ini dapat terwujud. Organisasi yang sedikit berbeda dari Karang Taruna, bahkan saat ini organisasi masyarakat tersebut sudah hampir hilang di tengah kehidupan kita. Di dalam organisasi tersebut individu harusnya tidak diajari pendidikan karakter, namun lebih diarahkan pada perkembangan mental dan cara mereka menjalin interaksi positif dengan masyarakat terutama dalam menyelesaikan permasalahan mereka sendiri secara mandiri. Peran ini juga mengambil alih para Generasi Langgas Indonesia yang telah memiliki kepribadian matang. Dari hal-hal tersebut, penulis yakin bahwa sedikitnya 50% karakter Kids Jman Now dapat diubah ke haluan yang positif terutama dalam mentaati peraturan.Konsep peraturan di sini tidak hanya mengarah pada peraturan masyarakat ataupun yang dibuat pemerintah,namun mencakup peraturan pada diri mereka sendiri serta peraturan dalam menjalani kehidupan bersama orang lain. Lanjutkan membaca....


REKOMENDASI UNTUK ANDA

UPDATE VIDEO TERBARU

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+