TRIPLE DEVELOPMENT LEARNING: KUALITAS SISWA SEJALAN DENGAN KUALITAS PENDIDIKAN



Lihat sebelumnya....Cenderung toleran dengan perbedaan kultur dan sangat peduli dengan lingkungan sekitar. Tanpa diragukan lagi, generasi Z akan menjadi generasi yang paling beragam yang memasuki lapangan kerja dalam sejarah Amerika Serikat. Mereka terdiri dari berbagai bagian dari kelompok ras atau etnis minoritas. Mereka juga dibesarkan untuk lebih menerima dan menghormati lingkungan dibanding generasi orang-orang sebelumnya.
Sumber gambar: kabarmakalah.blogspotcom
Dari karakter yang disebutkan diatas, memanglah Generasi Z sebagai generasi penerus bangsa mampu mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini semakin terwujud dengan adanya era teknologi yang semakin mempermudah segala akses dalam memajukan bidang pendidikan. Salah satunya melalui program “ Development Future Learning” yang menggunakan metode-metode penggabungan otak dalam pembelajaran siswa dan disertai dengan pendidikan berbasis karakter pemuda emas, tentunya program pendidikan ini dilakukan untuk mencapai target Generasi EMAS 2045. Tentunya tak lepas dari peran dan partisipasi masyarakat khususnya para generasi bangsa terutama kontribusi besar dari Generasi Z sebagai subjek maupun objek. Program “ Triple Development Learning” ini harusnya terwujud dengan baik dan diterapkan setidaknya 90% di seluruh wilayah Indonesia.

Triple Development Learnng : Kualitas Siswa Sejalan dengan Kualitas Pendidikan


“Tujuan pendidikan yang sebenarnya adalah mengubah cermin menjadi jendela”.
Istilah yang sangat baik jika direnungi lebih dalam mengenai arti penting pendidikan. Jika kita lihat kembali catatan prestasi negara kita, akan hadir insan sukses seperti Ki Hajar Dewantara sang pahlawan pendidikan, Anies Baswedan serta BJ.Habibie yang berkontribusi besar bagi dunia pendidikan Indonesia.

Mind Maps Alat Mencatat Superior
Ada beberapa aspek dalam program “Triple Development Learning” yang memang memegang peranan penting dalam teknologi serta perpaduan dengan kerja otak dan mental individu.
Diantara aspek tersebut yaitu pengembangan pendidikan dilakukan melalui media Mind Maps.Ya, sebelumnya kita harus mengenal apa itu Mind Maps serta bagaimana pengaruhnya dengan pembelajaran siswa sendiri.
Mind Maps menjadi salah satu cara terbaik dalam metode mencatat dan merangkum sebuah teks dengan menggunakan prinsip visualisasi dan asosiasi untuk mempermudah siswa dalam

menghafal dan tentu mempelajarinya. Mind Maps tidak hanya disebut sebagai catatan, namun juga disebut sebagai alat, alat nuntuk kita berkomunikasi dengan otak.
Di sisi lain, dari banyaknya penelitian telah menemukan bahwa strategi umum yang digunakan para siswa-siswa prestasi yaitu mereka menggunakan catatan pribadi. Banyak dari mereka mengatakan, bahwa catatan membantu mereka mengatur informasi agar membantu untuk memahami dalam mengingat materi pembelajaran. Selain itu, mereka juga beralasan bahwa catatan juga menghemat waktu pengulangan karena hanya berisi poin-point penting dan relevan yang perlu diketahui. Namun disini, banyak dari mereka ternyata menggunakan catatan linear bentuk biasa atau hanya berupa ringkasan yang disajikan dalam bentuk paragraf. Meskipun cara tersebut adalah metode yang digunakan oleh mayoritas siswa (95%) dan merupakan cara yang telah diajarkan pada siswa. Layaknya kita harus bertanya apakah bentuk seperti itu yang paling efektif? Walaupun setiap orang menggunakan satu metode bukan berarti itulah metode yang terbaik.


Penulis melihat bahwa peluang dari Mind Maps sendiri lebih besar dalam menentukan cara belajar siswa dengan baik, selain itu kita semua juga mengetahui dengan semakin berkembangnya dunia banyak sekali teknologi yang bisa diterapkan dalam pembelajaran. Dalam kasus ini Mind Maps mampu digunakan dalam media berbasis teknologi, salah satunya melalui aplikasi Mind Maps itu sendiri. Dari adanya hal ini semakin mempermudah siswa dalam melakukan pembelajaran dengan cepat, tepat dan mudah. Ada banyak sekali contoh software Mind Mapping yang bisa digunakan untuk mempermudah dalam membuatnya, seperti Xmind, FreeMind, Edraw Mindmap, dan MindMeister. 


Penulis yakin bahwa metode Mind Maps ini mampu merubah pengembangan dan kemajuan pendidikan, pasalnya Mind Maps memiliki banyak keunggulan dibandingkan metode pengajaran saat ini,

1. Menghemat waktu karena hanya menggunakan kata-kata kunci, bahkan para siswa bisa meringkas sepuluh halaman menjadi satu halaman karena hanya menggunakan kata-kata kunci saja dan imaijnasi dalam menggambarnya. Semua dapat dicapai tanpa menghilangkan informasi walaupun disajikan secara ringkas. Untuk para pelajar, ketika kalian mengulang bahan-bahan pelajaran sesaat sebelum ujian, kalian akan dapat membaca seluruh bab sebanyak 20 halaman dalam 2 atau tiga lembar Mind Maps, sedangkan teman kalian akan membutuhkan waktu 1 jam untuk membacanya sedangkan anda dapat menyelesaikannya hanya dalam 20 menit. Lanjutkan membaca....


REKOMENDASI UNTUK ANDA

UPDATE VIDEO TERBARU

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+