DAFTAR PROVINSI DENGAN JUMLAH MAHASISWA 'DROP-OUT' TERBANYAK



Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti), melalui laman resmi, mengeluarkan Buku Statistik Perguruan Tinggi 2017 pada tanggal 9 Februari 2018. Dalam buku tersebut, Kemenristekdikti membeberkan data terkait lembaga perguruan tinggi, program studi, mahasiswa baru, mahasiswa terdaftar, mahasiswa drop-out, lulusan dan dosen di lingkungan Kemenristekdikti. Berdasarkan buku tersebut, jumlah mahasiswa terdaftar di Indonesia tahun 2017 sebanyak 6.924.511 orang. Sementara jumlah mahasiswa drop-out mencapai 195.176 orang atau 2,8% dari total mahasiswa terdaftar. Dari data tersebut, DKI Jakarta merupakan provinsi dengan jumlah mahasiswa drop-out terbanyak tahun 2017.


Apa itu mahasiswa drop-out? Apa penyebab mahasiswa di drop-out
Mahasiswa drop-out (DO) adalah mahasiswa yang keluar dari kampus (perguruan tinggi) sebelum waktunya atau sebelum dinyatakan lulus. Keputusan di DO-nya seorang mahasiswa memiliki dasar yang berbeda-beda setiap perguruan tinggi. Universitas Negeri Makassar, misalnya, pernah mengeluarkan Surat Keputusan Rektor terkait DO dini 250 mahasiswa lantaran tidak mencukupi 30 SKS dalam 3 semester pertama (profesi-unmcom). Kemudian, alasan lain dan yang paling umum, adalah lantaran mahasiswa tidak mampu menyelesaikan studi tepat waktu. Misalnya, untuk S1 maksimal 7 tahun. Jika mahasiswa belum menyelesaikan studi, termasuk skripsi atau tugas akhir, maka mahasiswa tersebut akan di DO. Namun, ketentuan lebih lanjut terkait batas penyelesaian studi yang dimaksud bisa berbeda-beda setiap kampus. Apakah penyelesaian studi tersebut akan ditolerir sampai Sidang Meja Hijau? Atau mungkin ada ketentuan lain khusus dari kampus.



DKI Jakarta Menjadi Provinsi Penghasil Mahasiswa Drop-Out Terbanyak 
Berdasarkan data dari Menristekdikti, DKI Jakarta menyumbang 40.584 mahasiswa drop-out tahun lalu atau 3,7% mahasiswa di provinsi tersebut. Provinsi Jawa Barat berada di posisi kedua, dengan jumlah mahasiswa drop-out sebesar 21.146 atau 2,5% dari jumlah mahasiswa. Berikutnya, Sumatera Utara, dengan total 12.418 mahasiswa drop-out, 2,9% dari jumlah mahasiswa di provinsi tersebut. 

Note: Informasi ini didapatkan dari laman kemenristekdikti. Untuk mendapatkan informasi tentang Buku Statistik 2017, kunjungi laman tersebut, atau download disini. 


Demikian informasi PROVINSI DENGAN JUMLAH MAHASISWA DROP-OUT TERBANYAK TAHUN INIAnda tertarik dengan info serupa? DAPATKAN INFO SETIAP HARINYAJika anda punya event atau kegiatan dan butuh bantuan publikasi, SUBMIT INFO ANDA DISINIAnda punya pertanyaan seputar postingan kami? HUBUNGI KAMI.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

UPDATE VIDEO TERBARU

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+