ESAI: HIBURAN DAN DEKADENSI MORAL PADA ANAK

Sumber Gambar: sangpencerahid
KARYA: META AMELIA, SISWI SMA METHODIST-2 MEDAN
Seperti yang kita ketahui, tahap anak-anak adalah tahap di mana manusia lebih banyak mempelajari lingkungan sekitarnya lewat bermain dan hiburan. Dewasa ini, hiburan jenis apapun sangat mudah kita temui, seperti : televisi, film, internet, dan sebagainya. Belakangan ini beredar luas istilah “kids jaman now” atau jika diartikan ke Bahasa Indonesia kurang lebih adalah “anak jaman sekarang”. Istilah ini begitu populer, mengindikasikan bahwa generasi muda, anak-anak penerus bangsa kita banyak yang moralnya sudah mulai rusak. 


Salah satu penyebabnya adalah hiburan yang selama ini menjadi konsumsi anak setiap harinya mengandung unsur negatif (kurang pantas untuk ditiru), apalagi mengingat mereka masih sangat kental dengan sifat peniru dan rasa ingin tahu. Anak - anak adalah aset bangsa yang sangat berharga, di tangan merekalah masa depan bangsa kita berada. Menyadari hal itulah, dalam esai ini saya akan memaparkan tentang masalah rusaknya atau dekadensi moral pada anak dari segi hiburan, penyebabnya dan cara yang bisa kita tempuh untuk mengurangi masalah tersebut.

  • Definisi Dekadensi Moral

Dekadensi berarti kemunduran; kemerosotan (tentang kebudayaan, kesenian, akhlak, dsb). 2Moral berarti (ajaran tentang) baik buruk perbuatan dan perlakuan (akhlak, kewajiban, dsb). Dengan begitu, dekadensi moral memiliki makna mundurnya atau merosotnya ajaran tentang mana perlakuan yang baik dan mana yang buruk. Lanjutkan membaca....


REKOMENDASI UNTUK ANDA

Dapatkan Info Via Google+