PENGOLAHAN BUAH SUKUN DENGAN CAMPURAN GULA BATU MENJADI OBAT HERBAL



Lihat sebelumnya....Kesehatan merupakan sesuatu yang mahal harganya jika dibandingkan dengan yang lain. Untuk mempertahankan tingkat kesehatan masyarakat Indonesia, maka diperlukan suatu alternatif pengganti obat-obatan kimia untuk mencegah dan mengobati penyakit asam lambung. Alternatif pengganti obat-obatan kimia tersebut bisa berupa pemanfaatan bahan lokal dari tumbuhan sukun. Tumbuhan sukun adalah jenis tumbuhan yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal bahkan dianggap sebagai limbah karena hanya dibiarkan sampai membusuk. Namun, tanpa kita sadari ternyata buah sukun memiliki berbagai kandungan gizi yang cukup tinggi bagi kesehatan. 

Menurut Direktorat Gizi dari Rumah Sakit Dr. Soetomo Ponorogo di dalam buah sukun terdapat kandungan karbohidrat, protein, vitamin ACEK, asam amino esensial, dan mineral. Dengan adanya berbagai kandungan pada buah sukun, maka buah sukun dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit jantung, mencegah dan mengobati penyakit asam lambung atau maag, membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes, dan dapat mencegah penyakit kanker.


Berdasarkan latar belakang di atas, penulis sebagai generasi muda (pelajar) turut serta aktif memberikan solusi inovatif berupa gagasan yang berjudul BISNIS OBAT HERBAL SI-ARTIS ROCK’S (SUBSTITUSI ARTOCARPUS ALTILIS dan ROCK SUGAR) MELALUI SISTEM TRANSFORMASI GEOMETRI. Gagasan tersebut merupakan salah satu inovasi bahan pangan dari tumbuhan sukun dengan campuran gula batu yang berguna sebagai obat alternatif asam lambung atau maag pengganti obat-obatan kimia.
Sumber Gambar: 1001manfaat-alamiblogspotcom
Pengolahan buah sukun dengan campuran gula batu menjadi Obat Herbal Si-Artis Rock’s dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap pertama yaitu menyiapkan satu buah sukun yang masih muda. Kedua, bersihkan buah sukun sampai benar-benar bersih. Ketiga, kupas kulit buah sukun lalu potong kecil-kecil buah sukun. Keempat, siapkan air sebanyak 3-5 gelas untuk 1 buah sukun lalu masak sampai mendidih. Kelima, masukkan buah potongan buah sukun dengan campuran gula batu. Keenam, masak sampai buah sukun benar-benar lunak. Selanjutnya, diamkan selama kurang lebih 30menit untuk menunggu air hasil rebusan buah sukun sampai dingin. Air hasil rebusan buah sukun dengan campuran gula batu inilah yang penulis sebut sebagai “Obat Herbal Si-Artis Rock’s”. Air hasil rebusan buah sukun dengan campuran gula batu bisa dikonsumsi 2-3 gelas perhari.


Obat Herbal Si-Artis Rock’s memiliki kelebihan yaitu jumlah kandungan asam amino esensial yang cukup banyak. Pada asam amino esensial mengandung methionine, isoleusin, lysine, vialin, histidine, serta tryptophan. Berbagai kandungan pada asam amino esensial dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama pada tubuh. Sehingga dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai masalah pada sistem pencernaan. Salah satunya dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi penyakit asam lambung atau maag.


Selain memiliki kelebihan, Obat Herbal Si-Artis Rock’s juga memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut yaitu proses pembuatannya masih dilakukan secara manual. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dengan jumlah produksi yang terbatas. Oleh karena itu, dalam perkembangannya Obat Herbal Si-Artis Rock’s memerlukan penanganan yang lebih lanjut agar kelemahan tersebut dapat diatasi. Salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah memanfaatkan teknologi dalam proses pembuatan Obat Herbal Si-Artis Rock’s. Lanjutkan membaca....


REKOMENDASI UNTUK ANDA

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+