SEMARAK MENYAMBUT LDBI 2018 (LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA) dan NSDC ( NATIONAL SCHOOLS DEBATE COMPETITION)



Debat merupakan kegiatan adu-argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Secara formal , debat banyak dilakukan dalam institusi legislatif terutama di negara-negara yang menggunakan sistem opsi. Latar belakang dari diadakannya ajang ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi siswa-siswa Indonesia sebagai generasi muda masa depan. Tentunya memiliki kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis,kemampuan mempertimbangkan  segi moral suatu permasalahan serta mengembangkan ilmu pengetahuan melalui bakat dan minat.
Sumber Gambar: sekolahpendidikancom
Halo readers!! Kabar baik untuk kalian semua yang hobi ber-debat kini LDBI dan NSDC 2018 telah hadir kembali ya.. Kompetisi ini merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia. Jadi, ajang debat ini tingkatnya sampai nasional, kecuali untuk debat bahasa inggris tingkatnya nanti akan berlangsung hingga dunia loh (WSDC). Keren bukan?? Tapi, penentuan tanggal kompetisi ini tidak tetap, terkadang jadwalnya berubah mengikuti kebijakan pemerintah provinsi.

LIHAT JUGA: INFO LOMBA TERBARU



Oleh karenanya pemerintah Indonesia sangat telaten dalam menyiapkan perlombaan ini demi kemajuan dan kualitas generasi muda Indonesia. Ajang LDBI dan NSDC ini biasanya melalui beberapa tahap, seperti seleksi tingkat sekolah, kabupaten, provinsi hingga nasional. Disini saya akan membagikan sedikit pengalaman dan kiat-kiat dalam berdebat. Perlu kita tahu bahwa LDBI ini sedikit berbeda dari lomba debat pada umumnya (menurut saya sih), atau mungkin karena lomba ini special diadakan oleh pemerintah Indonesia.
Langsung saja ya sekilas info tentang LDBI dan NSDC: 
  1. Lomba ini menggunakan sistem Asian Parliamentary System. Dimana nanti akan ada babak penyisihan,perdelapan final,perempat final, semifinal, hingga babak final. 
  2. Lomba tingkat provinsi akan dihadiri oleh seluruh sekolah se-provinsi tersebut. Dimana perwakilannya adalah satu tim terbaik se-kabupaten. Tim terbaik tersebut akan maju ke babak provinsi. Di babak provinsi ini, semua tim dari seluruh kabupaten akan bertanding hingga mendapatkan satu tim terbaik yang akan mewakili ke tingkat nasional.
  3. Pada perlombaan debat tingkat provinsi sistem penilaian berdasarkan sistem kalah-menang. Nah, bagian ini yang membuat LDBI dan NSDC terkesan special. Pada saat perlombaan nanti kalian akan berlomba selama 2 hari( tingkat provinsi). Jadi dalam satu hari, semua tim akan berdebat sebanyak 3 kali dan dibagi dalam 3 sesi perdebatan. Tim kontra, pro dan mosi akan ditentukan saat di tempat (impromptu ). Wahh..kok banyak sekali yaa debat sehari 3 kali?? Wkwkwk. Jadi, dalam tiap perdebatan itu kalian harus gunakan sebaik mungkin kesempatan, waktu, argumen, sasaran dan kekompakan tim kalian. Karena, jika kalian berhasil mengambil hati juri pada 3 kesempatan itu maka kalian dinyatakan 99,9999% lolos babak selanjutnya.  
  4. Jadi, sistemnya seperti ini. Seluruh peserta akan berdebat 3 kali dalam sehari ( babak penyisihan) untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya poin dari 3 perdebatan itu. Gunakan sebaik-baiknya peluang ini, karena babak penyisihan ini akan menentukan keberlanjutan ke babak berikutnya.
  5. Tatacara dan peraturan lebih lanjut akan dijelaskan saat perlombaan. Tapi menurut saya yang terpenting adalah waktu. Gunakan waktu yang digunakan sebaik mungkin untuk menyampaikan argumen.
  6. Jangan menjadi angkuh dan pelit! Dalam berdebat nanti, tentu akan ada lawan yang akan ber-interupsi. Beri kesempatan kepada mereka untuk melakukan interupsi sesuka mereka. Ini juga akan memberi kesempatan kepada kalian untuk mengambil hati juri.
  7. Catch lawan sebisa mungkin. Bukan artinya untuk menjatuhkan, tapi berpikirlah kritis di mana lawan tidak akan bisa mengalahkan argumen mu. Perhatikan setiap argumen yang disampaikan lawan, hal ini dilakukan untuk meneliti kelemahan argumen.
  8. Gunakan strategi kalian masing-masing. Kerjasama tim adalah hal yang utama, tanpa adanya chemistry dari tiap anggota itu akan sulit menjadikan kalian sebagai tim yang kuat.
Semua hal tersebut dapat diraih tentunya tak lepas dari kata USAHA. Ingat, usaha akan membuahkan hasil. Serta selalu iringi langkah kalian dengan do’a. Tentukanlah jadwal latihan rutin yang harus dilakukan untuk berlatih serta memahami berbagai topik tentang mosi.



Di bawah ini, saya melampirkan sedikit mosi untuk digunakan sebagai bahan pelatihan dalam berdebat :
  1. Dewan ini percaya bahwa pembakaran dan penebangan hutan boleh dilakukan untuk pembukaan tempat pariwisata;
  2. Perguruan tinggi vokasi wajib membayar kerugian kepada lulusannya yang dalam kurun waktu 5 tahun dari wisuda belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusannya;
  3. Variasi tingkat pendidikan pemimpin Indonesia  menunjukkan bahwa calon pemimpin Indonesia adalah orang-orang yang tidak kompeten dalam edukasi, sehingga diragukan kemampuannya untuk bisa menjadi wakil rakyat;
  4. Timbulnya konsep Sound Governance merupakan hasil dari banyaknya keinginan masyarakat yang tidak diperhatikan pemerintah sehingga peran pemuda sangat penting dalam mewujudkan Sound Governance di daerah-daerah;
  5. Pemerintah akan melakukan wajib LDKS bagi siswa kelas 11 untuk membentuk manajemen dan kepemimpinan yang terbuka dan bertanggung jawab;
  6. Dewan ini percaya bahwa mengikuti perlombaan bagi siswa akan berpengaruh terhadap kemauan bekerja sama;
  7. Dewan ini percaya bahwa perkemahan sabtu minggu bagi siswa tidak akan berpengaruh terhadap pemahaman perbedaan sosial 

Tetap semangat untuk kalian semua yang sedang berjuang sebagai “Debater”
Be Dare!! Be The Best !!
by: Marenthina, Siswi SMAN 1 Bangil

REKOMENDASI UNTUK ANDA

UPDATE VIDEO TERBARU

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+