KKN UMM: PEMBERDAYAAN PETANI KOPI "EXCELSA" DI DESA PAIT, JAWA TIMUR


Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan tahunan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan diikuti oleh seluruh mahasiswa. Pada kesempatan ini, kelompok KKN 106 desa Pait kec. Kasembon yang beronggotakan 29 peserta bersiap mengabdikan diri kepada masayarakat desa Pait. Kelompok 106 UMM, mengangkat program unggulan yaitu pemberdayaan petani kopi.


Menurut Kordinator desa , Eca Roby Setyawan Saputra, alasan kelompok 106 mengangkat program unggulan pemberdayaan kopi dikarenakan desa Pait memiliki potensi yang besar terhadap komoditi kopi. 

BACA JUGA:
Berdasarkan wawancara kami dengan salah satu petani kopi bapak Mudin,  desa Pait terdapat banyak pohon kopi dan menjadi sebagai matapencaharian warga desa Pait. Selain itu, hasil dari kopi khas Pait tersebut telah diolah dan dijadikan sebagai produk kopi unggulan seperti Ekselsa, Arabica dan  PB Stek. 

Menurut ketua divisi ekonomi, M. Hata Ramadian apabila pengolahan kopi ekselsa ini diolah dengan baik oleh warga desa Pait  maka dapat menyokong perekonomian masyarakat desa Pait serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di desa Pait. Namun ada beberapa hambatan yang dialami oleh petani kopi yaitu masih sederhana nya system pemasaran yang dilakukan. 


Produk-produk olahan kopi tersebut hanya dijual pada beberapa warung yang ada di sekitar wilayah Kasembon. Sehingga diharapkan dengan hadirnya kelompok KKN 106 UMM ini dapat membantu untuk memperluas jaringan pemasaran yang ada agar produk olahan kopi khas desa Pait ini khususnya kopi Ekselsa dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas. 

Artikel ini dikirim oleh:

  • Nama: Chrisna Buana Putra
  • Alamat: Komp. Abd. Shaleh, Singosari, Malang
  • No HP: 081217029545


REKOMENDASI UNTUK ANDA

UPDATE VIDEO TERBARU

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+