TIPS MENAMBAH SUKA ATAU LIKE PADA FANSPAGE FACEBOOK TANPA IKLAN

Facebook menjadi salah satu platform media sosial terbesar abad ini. Hal ini ditunjukkan oleh data bahwa pengguna Facebook, per Juli 2018, mencapai 2.196.000.000 (statistacom), berada di posisi pertama, diikuti oleh Youtube dan Instagram. Hal ini menjadi alasan utama Facebook menjadi alat bisnis paling populer saat ini. Tidak hanya pelaku bisnis besar, tentu pebisnis belia juga turut menggunakan platform ini sebagai alat promosi. Mulai dari Grup Facebook, Grup “Jual-Beli”, sampai Fanspage


Fanspage menjadi sarana “seksi” bagi pengguna untuk melakukan banyak hal yang “profitable”. Fanspage sendiri merupakan suatu halaman atau komunitas yang dapat dibuat secara gratis oleh pengguna facebook dan dapat diikuti dan atau disukai oleh pengguna facebook lainnya. Dengan mengikuti atau menyukai suatu fanspage, pengguna facebook akan menerima feed atau update info terbaru yang diposting admin fanspage tersebut (atau posisi lain yang memiliki otoritas; admin bisa lebih dari satu). Melalui fanspage, admin dapat mem-posting promosi bisnis, Acara, dan lain-lain. Semakin banyak yang menyukai/mengikuti Fanspage, semakin besar pula kesempatan untuk mendapat profit atau hal lain yang benar-benar berguna.
Bagaimana membuat Suka/Like Fanspage Bertambah?


Ada berbagai hal yang dapat dilakukan untuk menambah Suka/Like pada Fanspage. Salah satunya Iklan, “Saling Promo” (kerap disingkat dengan “salprom”). Namun, kali ini www.ruanginformasi.com tidak akan membahas hal-hal yang berbau iklan atau bantuan orang lain (diluar pemilik/admin Fanspage tersebut). Tips kali ini berdasarkan pengalaman penulis saat mempromosikan beberapa akun fanspage, tanpa terkecuali akun fanspage Ruanginformasicom. Namun, promosi fanspage Ruanginformasicom terbilang belum maksimal dikarenakan nama fanspage-nya berbau nama website atau halaman web. Oleh karena itu, usahakan membuat nama Fanspage yang unik dan tidak mengandung nama domain website atau yang lainnya. 
BACA JUGA: 


Perhatikan langkah-langkah berikut ini.
  • Buatlah sebuah Fanspage yang menarik perhatian banyak orang dan tentunya relevan dengan keahlian atau pemahaman anda. Misal: Kumpulan Tips dan Trik, Chord  Gitar, Berita Lucu dan Mencengangkan, dan lain-lain. Jika belum tahu cara membuat Fanspage, silakan mencari caranya di google. Sangat banyak tersedia.
  • Pastikan anda menjadi admin. Anda bisa memilih orang lain untuk peran lain. Jika anda mempercayai orang tersebut, maka tidak masalah untuk menjadikannya sebagai admin. Kenapa ini penting? Karena jika seandainya Fanspage tersebut besar, maka admin dapat mengubah peranan Admin lainnya dan bahkan mengeluarkannya dari Fanspage tersebut. Kenapa Peranan Lain menjadi sangat Penting? Ketika membangun sebuah fanspage, kita perlu ada kerjasama dan atau bantuan dari orang terdekat. Ketika menjadi admin atau pemilik peran lainnya, seseorang akan dengan leluasa mengundang teman facebook-nya untuk menyukai fanspage tersebut. Semakin banyak yang mengundang, semakin besar pula kemungkinan menambah suka atau Like dari fanspage tersebut. 
  • Pastikan anda memiliki lebih dari satu akun facebook. Ketika seseorang hendak menambah/meningkatkan Suka atau Like suatu fanspage, maka Ia perlu menunjukkan kepada orang lain bahwa Fanspage tersebut sangatlah baik dan layak untuk disukai. Salah satu indikasinya adalah, setidaknya, ada yang menyukai selain admin dan atau pemilik fanspage tersebut. Dengan ini, pengguna facebook lainnya akan terpengaruh untuk menyukai fanspage tersebut. Selain untuk itu, akun facebook lebih dari satu sangat penting untuk hal lain nantinya.  



  • Bergabunglah dengan banyak Grup Facebook. Pastikan semua akun facebook anda masuk kedalam grup, yang tentunya relevan terhadap konten fanspage nantinya. 
  • Hindari membagikan postingan yang HANYA berisi link atau tautan website. Hal ini sangat tidak disukai para pengguna facebook. 
  • Pada tahap pengembangan Fanspage, hindari mem-posting hal-hal yang promotif. Target utama adalah meningkatkan atau menambah jumlah Like atau Suka Fanspage, selanjutnya nanti akan semakin mudah. 
  • Perbanyak membagikan postingan seperti Gambar atau meme inspiratif, quote, video unik dan menarik perhatian, dan hal-hal yang sedang viral. 
  • Buat “Polling” tertentu yang memungkinkan orang-orang berpartisipasi. Misalnya, polling Pemilihan Presiden (Pilpres), Pilkada, Pileg, dan lain-lain. Meski hal ini mungkin tidak relevan atau mungkin memicu hal-hal yang tidak baik, maka anda harus bisa memastikan bahwa “polling” tersebut adalah “for fun”, deskripsi harus netral, dan sebagainya. Tentu anda punya banyak ide untuk membuat “polling” lain yang lebih baik. 
  • Setiap anda mem-posting, pastikan seluruh akun facebook anda membagikannya ke seluruh grup facebook masing-masing untuk untuk mendapatkan insight yang besar. Pastikan anda membagikannya dengan hati-hati untuk menghindari deteksi spam facebook. Lakukan secara bertahap dan lihat hasilnya. 
  • Jika anda memiliki blog atau website, silakan menyematkan fanspage anda di setiap postingan blog/website dan di bilah halaman blog/website anda. 

Demikianlah sedikit tips menambah Suka atau Like Fanspage Facebook Tanpa Iklan. Perlu anda ketahui, kunci utama dalam menggapai tujuan anda, bukanlah langkah-langkah diatas, tapi pada konten anda. Ketika konten anda sudah bagus dan tidak plagiat, maka akan banyak yang tertarik dengan fanspage anda. Jika anda ingin membaca TIPS lainnya, silakan mengunjungi halaman iniTerima kasih. Salam.



REKOMENDASI UNTUK ANDA

UPDATE VIDEO TERBARU

FACEBOOK

Dapatkan Info Via Google+